Monday, September 9, 2019

Obat Herbal Asam Urat


Obat Herbal Asam UratSaat ini di kalangan masyarakat sudah banyak mitos yang beredar, bahwa seseorang yang merasakan ngilu atau nyeri sendi menandakan bahwa orang tersebut mengidap penyakit asam urat. Dan penafsiran ini mesti di luruskan, sebab tak semua orang yang mempunyai keluhan nyeri sendi itu di akibatkan oleh adanya penyakit asam urat.

Memang, sebetulnya apa sih asam urat itu?

Asam urat itu merupakan sebuah produk buangan yang mengalir didalam darah, dan merupakan hasil penguraian zat purin. Biasanya asam urat yang menumpuk itu di akibatkan oleh frekuensi buang air kecil yang tidak lancar, sehingga terbentuklah kristal seperti jarum pada bagian sendi jempol kaki, walaupun hal itu dapat juga menyerang bagian sendi yang lainnya.

Sendi yang terserang asam urat itu dapat meradang dan membengkak, panas apabila di sentuh, serta teramat begitu menyakitkan. Pada umumnya memang seseorang yang terserang asam urat itu, akan merasakan nyeri / ngilu  di bagian sendinya. Tapi, ada saatnya dimana asam urat ini tidak menimbulkan keluhan rasa nyeri dan ngilu pada persendian. Tapi, hal ini juga bukan berarti bahwa penyakit asam urat tidak berbahaya.

Pada serangan awal penyakit asam urat yang tidak dengan segera di atasi, biasanya akan terjadi selama kurang lebih satu minggu. Kemudian pada serangan selanjutnya mungkin akan baru terjadi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Apabila penyakit ini tidak secepatnya di atasi dengan baik, maka serangan asam urat ini akan semakin kerap terjadi, serta dapat pula menjadi lebih parah dan merusak persendian secara abadi (permanen).

Gejala Yang Ditimbulkan dari Penyakit Asam Urat

  • Pada bagian persendian terasa ngilu, nyeri, linu, kesemutan atau bahkan hingga membengkak dan meradang (yang berwarna kemerahan).
  • Merasakan nyeri sendi yang terjadi secara berulang kali.
  •  Pada kasus yang parah, bagian persendian terasa amat sakit ketika hendak bergerak.

Bagi Anda yang tengah mengalami gejala atau yang sudah mengidap penyakit asam urat, maka sebaiknya segera atasi dan obati sebelum penyakit yang Anda derita menjadi bertambah parah. Adapun cara untuk mengobatinya, dibawah ini ada beberapa macam tanaman tradisional berkhasiat yang bisa membantu Anda untuk terbebas dari penyakit asam urat yang Anda derita, antara lain :

*    Daun Sirsak
Daun sirsak memang merupakan salah satu daun herbal yang manfaatnya sudah tidak di ragukan lagi untuk mengobati beragam macam penyakit.

Yang mana manfaat tersebut di peroleh dari khasiat yang terkandung didalam daun sirsak yang mengandung kaya akan zat gizi. Daun herbal yang satu ini juga di  akui sangat efektif dalam menyembuhkan beragam macam penyakit tercakup kanker, serta mampu menaikkan sistem imunitas tubuh. Yang tentunya hal ini juga tidak terlepas pada kandungan aktif yang di milikinya seperti acetogenins, annocatalin, annocatacin, annomuricin, annohexocin, anonol, caclourine, anomurine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid serta muricapentocin. Selain mampu mengobati penyakit kanker, daun sirsak ini juga berkhasiat mampu membantu mengobati penyakit asam urat. Karena, daun sirsak ini berkemampuan untuk meredakan rasa nyeri dan menekan peradangan asam urat, sehingga dengan begitu dapat membantu proses penyembuhan penyakit asam urat.

Nah, bagi Anda yang ingin mengobati penyakit asam urat menggunakan daun sirsak ini, caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan Anda mengkonsumsi daun sirsak secara rutin baik itu berupa air rebusan ataupun ekstrak yang sudah menjadi produk herbal.

Langkah-Langkah Membuat Air Rebusan Daun Sirsak Untuk Obat Asam Urat
  • Ambil daun sirsak segar yang sudah tua sebanyak 10 helai.
  • Cuci semua daun sirsak dengan memakai air bersih yang mengalir (misal dari kran).
  • Iris-iris halus semua daun sirsak.
  • Lalu rebus dengan 2 gelas air.
  • Tunggu airnya mendidih dan tinggal 1 gelas.
  • Angkat, saring dan dinginkan air rebusan.
  • Minum air rebusan daun sirsak 2x sehari, pada pagi dan malam.


*    Daun Salam
Selama ini mungkin sebagian besar orang hanya mengetahui, bahwa daun salam ini hanya bermanfaat untuk di gunakan menjadi bahan tambahan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap. Tetapi, rupanya manfaat daun salam tidak hanya sebatas itu. Dan Anda perlu tahu, bahwa daun salam ini mempunyai kandungan zat yang berkhasiat untuk membantu mengobati beragam macam penyakit serius didalam tubuh. Tentunya, ini adalah kabar baik bagi Anda yang lebih senang mencoba pengobatan tradisional ketimbang pengobatan dokter. Dan salah satu manfaatnya, daun salam ini berkhasiat untuk mengobati penyakit asam urat.

*    Sambiloto
Andrographis paniculata itu merupakan nama ilmiah dari salah satu macam tanaman tradisional yang memiliki khasiat obat, yaitu “sambiloto. Yang mana salah satu bagian dari tanaman ini yakni “daunnya” mempunyai kandungan senyawa melimpah seperti flavonoid, alkane, keton, aldehid, dan juga mengandung mineral seperti natrium dan kalium, yang berkhasiat untuk membantu mengatasi sekaligus menyembuhkan bermacam-macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit asam urat. Daun sambiloto ini terkenal dengan rasanya yang pahit, namun meski begitu daun sambiloto ini berkhasiat sebagai anti-radang, pereda nyeri dan juga penawar racun. Selain itu juga bermanfaat untuk meredakan panas badan (anti-piretik), melancarkan air urine (diuretik), dsb.

*    Daun sirih merah
Sirih merah yang nama ilmiahnya piper crocatum ruiz dan pav, merupakan salah satu jenis tanaman obat yang potensial, disamping itu sirih merah ini juga mempunyai nilai-nilai spiritual yang cukup tinggi. Karena, sirih merah ini tergolong kedalam satu bahan penting yang mesti di sajikan pada setiap melaksanakan upacara adat khususnya di Yogyakarta.

Didalam daun sirih merah ini terdapat banyak sekali kandungan senyawa fitokimia seperti saponin, alkaloid, flavonoid dan tanin. Yang mana senyawa alko-koloid dan flavonoid ini berperan sebagai hipoglikemik / penurun kadar glukosa darah. Sedangkan kandungan kimia lainnya yang terkandung dalam daun sirih merah ini meliputi minyak atsiri, kavicol, kavibetol, hidroksikavicol, karvakol, eugenol, allylprokatekol, cineole, p-cymene, kadimen estragol, caryofelen, fenil propada dan ter-penena. Dan karvakrol yang terkandung dalam daun sirih merah ini bersifat sebagai desinfektan, anti jamur, sehingga dapat di manfaatkan untuk mengatasi bau mulut dan keputihan (anti-septik). Sedangkan eugenol bisa di pakai untuk mengurangi rasa sakit dan kandungan taninnya bisa di manfaatkan untuk mengobati sakit perut.

Sama seperti daun sirih hijau, daun sirih merah juga memiliki khasiat yang melimpah, diantaranya berguna untuk membantu mengobati beragam jenis penyakit, seperti penyakit asam urat, tbc, wasir, diabetes dan lain sebagainya.

Tips Membuat Air Rebusan Daun Sirih Merah Untuk Obat Asam Urat
§  Ambil daun sirih merah sebanyak 7 helai.
§  Siapkan batang sirih merah sebanyak 1 tangkai dengan panjang 15 cm.
§  Cuci semua bahan yang telah di persiapkan sampai bersih.
§  Kemudian rebus semua bahan sampai 2 gelas air.
§  Tunggu airnya mendidih dan tersisa hanya 1 gelas.
§  Angkah dan saring air rebusan, lalu tambahkan sedikit madu.
§  Air rebusan diminum sebanyak 2x sehari, dengan takaran setengah gelas.

*    Daun Binahong
Binahong yang bernama latin Basela rubra linn ini merupakan suatu jenis tanaman tradisional yang bisa hidup subur baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Yang mana tanaman tradisional yang satu ini berasal dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama Deng san chi yang telah sejak lama di manfaatkan sebagai obat. Salah satu bagian dari tanaman tradisional yang satu ini juga di akui mempunyai manfaat yang begitu melimpah untuk membantu mengobati beragam macam penyakit dimulai dari yang ringan hingga yang berat.

Dan salah satu bagian yang dimaksud itu ialah daunnya, didalam daun binahong ini terkandung cukup tinggi antioksidan, fenol, asam arkobat dan protein yang cukup besar yang mampu membantu mengatasi sekaligus menyembuhkan bermacam-macam penyakit dan juga bermanfaat untuk menaikkan kualitas kesehatan tubuh.
Sebagaiamana hasil dari sebuah penelitian yang di lakukan menunjukkan, bahwa daun binahong ini mengandung alkaloid, saponin, asam oleanotik, minyak atsin dan polifenol. Tak hanya itu, daun binahong ini juga efektif untuk di manfaatkan sebagai anti-bakteri dikarenakan mengandung zat saponin. Sedangkan alkaloid yang terkandung didalam daun binahong ini mempunyai sifat sebagai hipoglikemik yang dapat melorotkan kadar gula darah pada pengidap penyakit kencing manis (diabetes mellitus).

Dan berdasarkan hasil dari penemuan yang sudah di lakukan mengabarkan, bahwa daun binahong ini mampu menyembuhkan penyakit asam urat dan juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Adapun cara untuk memperoleh khasiat dari daun binahong ini, Anda cukup menjadikan daun binahong ini sebagai lalapan atau di buat menjadi jus.

Seperti itulah cara pengobatan penyakit asam urat secara alami menggunakan tanaman tradisional berkhasiat. Semoga saja dengan munculnya artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan pengetahuan Anda semua, terutama khususnya bagi pengidap penyakit asam urat.. Aamiin



HOTLINE INFO :

Wongso Yudi Dharma
08117231093




No comments:

Post a Comment